Sunday, February 1, 2009

AULEN DAN UKUOR

Aulen dan Ukuor adalah putra kembar Aulakilk, seorang Redu yang menjadi salah satu dari 12 Ksatria Terang generasi ketiga, yang memimpin bangsa Menal kembali ke Semenanjung Euredu. Mereka dilahirkan ketika Aulakilk gugur dalam perang melawan bangsa Derek. Kemudian pimpinan diambil alih oleh Ausuldef yang berhasil menaklukkan bangsa Derek di Euredu dan Eurrek dan mendirikan kembali Kerajaan Eumenal di Amerun. Ausuldef menikahi Edlen, istri Aulakilk serta mengangkat Aulen dan Ukuor sebagai putra-putranya.

Beberapa tahun kemudian datanglah bangsa Madoid (Zetid) menyerbu semenanjung Euredu Aujuldef gugur dalam peperangan mempertahankan kota Amerun. Semua istrinya diperkosa oleh orang-orang Madoid yang menjarah istana, termasuk Edlen. Putra-putranya ditangkap dan dijadikan budak di pertambangan-pertambangan, termasuk Aulen dan Ukuor. Kerajaan Eumenal kembali runtuh.

Adapun Aulen dan Ukuor dipekerjakan di tambang emas di hulu Sungai Emas. Ketika mereka berusia 15 tahun, terjadi pemberontakan. Bangsa Menal – yang mengaku diri sebagai Lodze – datang membebaskan budak-budak di pertambangan di bawah pimpinan Oltmegire. Ketika mengobrak-abrik hulu Sungai Emas, Oltmegire berhasil membebaskan beberapa budak, termasuk Ukuor, tetapi gagal membebaskan yang lain karena pertahanan bangsa Madoid yang kuat. Hal itu menyebabkan Ukuor terpisah dari saudaranya Aulen.

Sepuluh tahun kemudian, ketika orang-orang Lodze membebaskan budak-budak di tambang bijih besi di pegunungan Emumife, Ukuor – yang telah menjadi bagian dari orang Lodze – bertemu kembali dengan saudaranya, Aulen. Dan ternyata Aulen telah menjadi bagian dari prajurit bangsa Madoid.

Kemudian Ukuor mengajak saudara kembarnya untuk bergabug dengan dirinya tetapi ditolak. Malahan Aulen menyerang Ukuor dengan pedang. Tetapi sebelum melukai tubuh Ukuor, Aulen mati tertembak panah dari Oltmegire. Ukuor sedih meratapi kepergian saudaranya itu dan membunuh banyak orang Madoid yang ada di situ yang telah meracuni otak saudaranya.

Setelah perang di Emumife berakhir dengan kemenangan, Oltmegire menyesal telah membunuh Aulen yang ternyata adalah seorang Menal dan menyuruh Ukuor untuk membunuh dirinya sebagai ganti nyawa saudaranya itu. Tetapi Ukuor berkata : “Dia bukan saudaraku lagi. Kalian semua, bangsa Menal, adalah saudara-saudaraku dan aku takkan mengkhianati bangsaku sendiri.”

informasi tambahan :
sebelum mati dalam perang di Eurudzej, Oltmegire berpesan kepada Ukuor untuk membebaskan bangsa Menal dari penjajahan dan mempersatukan bangsa Menal dalam sebuah kerajaan. Dan Ukuor bersumpah akan melakukannya.
kemudian Ukuor dikenal sebagai Sang Pembebas karena keberhasilannya mengusir bangsa Madoid dari Euredu dan Eurrek, membebaskan bangsa Menal dan mempersatukan suku-suku Menal dalam sebuah kekaisaran Euredu.

No comments:

Post a Comment